Solusi Liburan Akhir Tahun dengan Biaya Hemat

Sebentar lagi sudah masuk akhir tahun 2017. Biasanya kalau akhir tahun, banyak orang yang sudah merencanakan libur akhir tahun dari jauh-jauh hari. Ada yang berencana libur ke pantai, ke pegunungan, ada yang berencana ke luar negeri atau di dalam negeri saja. Moment akhir tahun memang sudah dinantikan oleh sebagian besar orang.

Akan tetapi, ternyata tidak semua orang bisa merealisasikan liburan akhir tahun. Ada yang harus menunda liburannya karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau tiba-tiba ada urusan mendadak yang urgent sehingga Anda tidak bisa pergi keluar kota.Untuk Anda yang tidak bisa liburan ke luar kota, mungkin Anda bisa memilih untuk mengisi keriaan akhir tahun dengan mengambil liburan pendek ke tempat yang tidak jauh.
Contohnya, untuk Anda yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menikmati suasana liburan di pantai kepulauan seribu. Hanya dalam waktu tempuh 3 jam dari teluk jakarta (Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol) , Anda sudah bisa menghirup udara segar pantai.

Banyak pilihan pulau untuk Anda kunjungi. Tergantung Anda memilih untuk menghabiskan budget yang tinggi atau rendah. Jika budget Anda mumpuni, Anda bisa pergi ke pulau resort seperti pulau Bidadari, pulau Macan, Pulau Ayer, Pulau Sepa, Pulau Putri, dll. Namun jika Anda hanya ingin menghabiskan budget di bawah 1 (satu) juta per orang, pulau pulau wisata basis penduduk seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, sangat pas untuk Anda kunjungi.

Umumnya pulau wisata basis penduduk ini menyediakan penginapan di rumah penduduk atau penginapa tepi pantai sederhana milik penduduk setempat. Meskipun sederhana, tetapi untuk ukuran wisata penduduk sudah tergolong sangat layak. Di pulau Tidung misalnya, rata-rata penginapan sudah ber AC di setiap kamar. Sehingga meskipun udara panas pantai, Anda masih dapat tidur nyenyak di malam hari.
Catering yang disediakannya pun oleh ibu-ibu penduduk pulau setempat. Menu yang dihadirkan cukup beragam dan tentunya didominasi oleh masakan ikan, hasil tangkapan nelayan. Kalau ada yang alergi ikan, bisa request ke travel organizer nya agar menunya diganti ayam.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau wisata bebasis penduduk ini cukup menarik. Mulai dari bersnorkling, bermain banana boat, bakar-bakar ikan, berfoto di spot kawasan yang instagramable, atau sekedar jalan-jalan berkeliling pulau dengan sepeda yang sudah disediakan agen perjalanan, bahkan Anda pun bisa request untuk melakukan aktivitas diving.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba berwisata di pulau wisata berbasis penduduk di kepulaua seribu? Ada 2 (dua) pilihan untuk datang kesana. Anda bisa datang sendiri alias backpaker-an atau bisa booking tempat melalui agen perjalanan. Bedanya jika berangkat sendiri Anda harus berpayah-payah mencari penginapan kosong setiba di sana. Jika berangkat dengan travel agen, Anda sudah dijamin akan mendapatkan penginapan tepi pantai dan catering yang baik. Dana untuk berlibur murah ini sekitar 500 ribu sd 1 juta rupiah all in per orang. Cukup murah bukan?